Penandatanganan MoU Kerja Sama dengan UPT Pelatihan Kerja Industri /BLKI Singosari MalangPenandatanganan MoU Kerja Sama dengan UPT Pelatihan Kerja PPTKLN Wonojati MalangPenandatanganan MoU Kerjasama dengan Bank BNIPenghargaan Dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Malang Sebagai Sekolah Bebas NarkobaLebih Bisa !! Bisa Lebih !! dengan Kekeluargaan & Kebersamaan

Indischool Wifi@id di SMADITA

SMA Diponegoro Tumpang - SMADITA - Indischool WIfi@id

Foto: Pemasangan infrastruktur Hotspot Indischool WIfi@id

Tumpang (23/04/2013). Alhamdulillah... SMA Diponegoro Tumpang (SMADITA) menjadi sekolah yang terpilih dipasang infrastruktur Internet Pendidikan atau IndiSchool Wifi@id. Apa itu? silahkan baca berita berikut diambil dari http://www.telkom.co.id/pojok-media/siaran-pers/bekerjasama-dengan-kemdi...

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI bekerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) siap menggelar 100.000 titik hotspot di sekolah-sekolah di Indonesia. Kerjasama ini dimaksudkan agar sekolah-sekolah dapat memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada para siswa dan mempersempit kesenjangan kualitas pendidikan antara kota dan pelosok.

Kesepakatan untuk menggelar akses internet menggunakan teknologi Wi-Fi tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditanda-tangani bersama Direktur Enterprise & Telkom, M. Awaluddin dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Prof. Dr.Prof. Ainun Na’im,  Ph.D disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh.

Melalui nota kesepahaman tersebut, Telkom dan Kemdikbud sepakat meningkatkan dan memperluas pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kegiatan pembelajaran dan layanan pendidikan lainnya kepada masyarakat. Penandatanganan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Anugerah Ki Hajar (Kita Harus Belajar) di Jakarta, 9 November 2012.

M. Awaluddinmengatakan, melalui kerjasama ini Telkom siap mendukung pemerintah untuk meningkatkan dan memperluas pendidikan melalui penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi. “Telkom siap menyediakan koneksi Internet broadband sebagai sarana komunikasi dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah,” ujar M. Awaluddin.

Pada tahap awal kerjasama, Telkom memberikan akses internet terbaik, untuk digunakan sekolah-sekolah mengakses konten-konten edukasi, seperti Portal Rumah Belajar dan Kelas Maya ataupun konten edukasi lain, seperti TV Edukasi yang dimiliki Kemedikbud.

Menurut Awaladdin, Telkom memberikan layanan berupa instalasi, akses Wi-Fi dan sosialisasi serta pengenalan internet kepada komunitas pendidikan yang menjadi obyek kerjasama,” demikian Awaluddin. Layanan yang diberi nama Indischool tersebut merupakan kepanjangan dari Indonesia Digital School, yaitu akses Wi-Fi yang terbesar di zona edukasi.

Program Satu Juta Wi-Fi

Group Head of Enterprise Services Telkom, Ilmianto mengatakan melalui program Indischool diharapkan lebih banyak lagi sekolah yang terhubung dengan internet. “Indischool sangat memudahkan bagi siswa dan guru mengakses internet. Caranya akses cukup mudah. Dari Telkomsel & Flexi, cukup SMS ketik INDI <spasi> FREE, atau INDI <spasi>1000 kirim ke 2323. Maka Indischool siap digunakan.

Dengan dukungan dari Kemdikbud dan Dinas Pendidikan di tingkat propinsi, dan kota/kabupaten, Telkom berkomitmen menggelar Indischool  di 100.000sekolah sampai akhir 2013. Program  Indischool merupakan bagian dari komitmen Telkom menggelar satu juta Wi-Fidiseluruh Indonesia.

“Harapan kami Indischool ini dapat diterima dengan baik oleh komunitas pendidikan dalam upaya bagi pengembangan dan pemerataan akses informasi dan pembelajaran online dari Kemdikbud,” ujar Ilmianto. Telkom siap mendukung komitmen Kemdikbud  mengembangkan konten belajar berstandar unggul bagi seluruh sekolah di Indonesia.

Komiment Telkom mencerdaskan bangsa

Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi sektor yang dinilai mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Beberapa sumber data menyebutkan bahwa ekonomi suatu negara akan tumbuh sebesar 1,38 persen jika tingkat penetrasi broadband-nya naik 10 persen. Itulah sebabnya, program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Telkom diarahkan untuk pemerataan akses TIK dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat TIK.

Beberapa program CSR Telkom yang diarah untuk menciptakan Indonesia Cerdas, antara lain program Bagimu Guru Kupersembahkan, Santri Indigo, Indigopreneur, Smart Campus dan Broadband Learning Centre.