SMADITA BEKALI CALON LULUSAN DENGAN SERTIFIKAT KOMPETENSI KERJA BNSP

Sebagai sekolah Doubletrack, SMADITA memiliki keunggulan yang tidak dimilki sekolah lain yaitu, enam program keterampilan/vokasi. Enam program vokasi tersebut antara lain: administrasi perkantoran, elektronika, grafika sablon, tata boga, otomotif, dan tata rias. Program tersebut wajb diikuti oleh semua siswa sesuai jurusan yang diminati ,sejak kelas X sampai lulus dari SMA.

Program doubletrack adalah kolaborasi program keterampilan yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah, dengan tujuan untuk memberikan bekal keterampilan dan pengalaman bekerja bahkan sebelum lulus dari jenjang SMA. Hal ini sejalan dengan motto sekolah yaitu lulusan yang siap kuliah, siap kerja dan kuliah sambil kerja. Program keterampilan tersebut bukanlah program ekstrakurikuler, tetapi menjadi mapel wajib yang harus dipenuhi, agar diakhir program siswa dapat mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh sekolah bekerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi (LSP) untuk dapat memperoleh sertifikat dari BNSP.

Tahun ini SMADITA telah menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi untuk 3 program vokasi dan program entrepreneur. Tiga program vokasi yang telah rampung dalam ujian sertifikasi profesi adalah Administrasi perkantoran, Elektronika, dan tata rias. Dan tidak kalah pentingnya adalah sertifkasi wirausaha yang diikuti oleh siswa dan guru SMADITA.

Untuk program keterampilan administrasi perkantoran, peserta diwajibkan menguasai dasar dasar administrasi dan manner di perkantoran, juga tentang perbankan dasar. Lalu untuk Elektronika peserta diwajibkan untuk menguasai kemampuan instalasi kelistrikan di rumah tangga dan industri skala kecil. Sedangkan untuk tata rias, peserta diwajibkan untuk dapat menguasai teori dan tata cara merias, serta praktik merias untuk pengantin dengan hijab muslimah dsb. Khusus untuk tata rias, peserta diwajibkan untuk melakukan fashion show bersama model yang telah ditentukan sebelumnya.

Sekolah berharap, dengan program sertifikasi ini, peningkatan kualitas lulusan dalam menghadapi tantangan dunia kerja akan semakin tinggi. Dan yang terpenting adalah, kecakapan abad 21 yang sejalan dengan program merdeka belajar yang tertuang dalam wujud sertifikat kompetensi profesi yang dapat digunakan untuk melengkapi prasyarat masuk ke dunia kerja.

Bagikan informasi ini: