SOSIALISASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SMAS DIPONEGORO TUMPANG

Sabtu, 24 Oktober 2020, telah dilangsungkan acara bertajuk ”Sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)”. Acara ini sebagai langkah awal dari persiapan menuju pelaksanaan AKM yang akan berlangsung di tahun 2021. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk menjawab pertanyaan baik dari guru dan siswa mengenai AKM itu sendiri.

Sosialisasi AKM ini berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh seluruh PTK/GTK di SMA Diponegoro Tumpang. Sebagai pemateri inti adalah Bpk. Drs. Mahrus, M.Pd (Pengawas SMA Kabupaten Malang). Acara sosialisasi dilaksanakan di gedung utama SMADITA lantai 3 ruang Multimedia.

Selain acara inti, Peserta sosialisasi juga menerima materi tambahan bertemakan kebijakan sekolah dan tata tertib guru dan karyawan yang langsung disampaikan oleh kepala SMAS Diponegoro Tumpang, Drs. Djasmani, M.Si.

Dalam Materi sosialisasi AKM yang disampaikan oleh pengawas, Bpk. Drs. Mahrus, M.Pd, menyampaikan tentang latar belakang dilaksanakannya AKM. Mulai dari indeks ketercapaian kompetensi Numerasi dan Literasi Indonesia dalam PISA 2012 dan 2018 yang dilansir oleh OECD dengan menunjukkan hasil yang sangat rendah, hingga kesempatan besar untuk mewujudkan era merdeka belajar yang menjadi program kemendikbud.

Materi juga merangkum tentang kebijakan AKM serta beberapa sampel soal AKM baik soal tentang kompetensi Numerasi maupun Literasi. Peserta AKM sangat aktif melayangkan pertanyaan terutama tentang survei karakter yang juga menjadi salah satu poin penting dalam penilaian AKM.

Disisi lain, dengan diadakannya acara sosialisasi AKM, sekolah berharap dapat segera mengaplikasikan kebijakan terkait AKM, dan seluruh sumberdaya sekolah dapat mendukung untuk kesuksesan penyelenggaraan AKM.( Muja, 26/10/2020)

Bagikan informasi ini: